Zero Human Trafficking Network

Connecting People, Make the Movement Visible

Lembaga Kita Adakan Pelatihan Jurnalistik untuk Youth Takforce Anti Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Facebook
Twitter
LinkedIn

Pada Sabtu (21/05/2022), Lembaga Kita Wonosobo mengadakan Pelatihan Jurnalistik kepada Youth Taskforce Anti Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Acara ini diikuti oleh sepuluh anak muda dari berbagai wilayah di Indonesia. Acara dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Romo Agus Duka SVD, Koordinator Zero Human Trafficking untuk Indonesia. Romo Agus memaparkan bagaimana teknis menulis berita yang baik supaya dapat dipahami oleh masyarakat. Dalam penjelasannya, Romo menguraikan tentang piramida terbalik dalam penulisan berita.

Youth Taskforce Anti TPPO adalah sekumpulan anak muda se-Indonesia yang berjejaring untuk mengentaskan perdagangan orang di Indonesia. Pada Desember 2021, sebanyak dua puluh lima anak muda terpilih se-Indonesia mengikuti Pelatihan Jurnalistik Anti TPPO bertempat di Hotel Porta, Yogyakarta.

Setelah pelatihan usai, Youth Taskforce Anti TPPO mulai berkampanye melalui berbagai media untuk memerangi TPPO. Bentuknya pun beragam. Ada artikel, berita, video hingga infografis. Salah satu bentuk penguatan skill yang dilakukan adalah dengan mengadakan acara ini.

Harapannya dengan diadakannya Pelatihan Jurnalistik ini akan meningkatkan kemampuan Youth Taskforce Anti TPPO dalam menarasikan berita. Apabila segala pemberitaan mengenai TPPO dinarasikan dengan baik, maka akan muncul pengetahuan dan kewaspadaan terhadap masyarakat. (Jannah)

More Posts

Sampai Mana Kasus TPPO Mariance Kabu?

Mariance Kabu (43) adalah seorang penyintas Human Trafficking yang sampai sekarang masih menunggu keadilan. Kasusnya dimulai pada 2015 saat Mariance dipulangkan ke Indonesia dalam keadaan

id_IDBahasa Indonesia