Zero Human Trafficking Network

Connecting People, Make the Movement Visible

KABAR BUMI Adakan Training Paralegal dan Konsultasi Nasional Keluarga Migran

Facebook
Twitter
LinkedIn
Peserta Training Paralegal dan Konsultasi Nasional

Pada Sabtu-Senin (24-26/06/2023), Keluarga Besar Buruh Migran Indonesia (KABAR BUMI) mengadakan training paralegal di Rifka Annisa, Yogyakarta. Training Paralegal yang mendapat dukungan dari The Freedom Fund ini bertajuk “Satukan Pikiran untuk Memperkuat KABAR BUMI: Perluas Kegiatan, Pendidikan, dan Pelayanan Advokasi”.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 pengurus KABAR BUMI dari berbagai wilayah yaitu Sumbawa Barat, Lombok Timur, Cilacap, Ponorogo, dan Yogyakarta. KABAR BUMI mendatangkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta dan UN Women Indonesia untuk menjadi narasumber.

(Foto: Diskusi Peserta Training)

Tujuan dari training paralegal yaitu untuk meningkatkan kapasitas dari teman-teman KABAR BUMI yang mendampingi kasus di daerah masing-masing. Mulai dari bagaimana cara mendampingi korban hingga kode etik yang harus dimiliki oleh paralegal.

Tidak berhenti sampai disini, pada Selasa (27/06/2023) diadakan Konsultasi Nasional Migran dan Keluarga. Konsultasi tersebut bertema “Mendiskusikan Situasi dan Kondisi Pekerja Migran Pasca Pandemi untuk Membangun Gerakan Perempuan Migran yang Lebih Maju”.

(Foto: Presentasi Hasil Diskusi)

Konsultasi dilakukan secara hybrid. Peserta yang hadir secara offline bertempat di Rifka Annisa yaitu KABAR BUMI cabang Sumbawa Barat, Lombok Timur, Cilacap, Ponorogo, Yogyakarta. Sementara yang hadir secara online diikuti oleh KABAR BUMI cabang NTT, Hongkong serta Gabungan Tenaga Kerja Bersolidaritas (GANAS) Community, asosiasi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di Taiwan). (Roudhotul Jannah)

More Posts

Sampai Mana Kasus TPPO Mariance Kabu?

Mariance Kabu (43) adalah seorang penyintas Human Trafficking yang sampai sekarang masih menunggu keadilan. Kasusnya dimulai pada 2015 saat Mariance dipulangkan ke Indonesia dalam keadaan

id_IDBahasa Indonesia