Zero Human Trafficking Network

Connecting People, Make the Movement Visible

Gugus Muda Anti Perdagangan Orang Berdiskusi tentang Kesetaraan Gender

Facebook
Twitter
LinkedIn
Diskusi Kesetaraan Gender

Youth Ambassador End Human Trafficking (EHT) Talithakum Indonesia merupakan gugus muda anti perdagangan orang yang diinisiasi oleh Talithakum Indonesia. Mereka berasal dari berbagai wilayah seperti Yogyakarta, Jakarta, Kupang, Sumba, Manado, Medan, Tanjungkarang. Sementara Talithakum Indonesia sendiri yaitu perkumpulan para biarawati yang bergerak di isu anti TPPO.

Sebagaimana Youth Taskforce (YTF) Anti TPPO, Youth Ambassador End Human Trafficking Talithakum Indonesia juga berfokus pada edukasi melalui kampanye media dan pada sesama anak muda lainnya.

YTF Anti TPPO bersama Youth Ambassador EHT Talithakum Indonesia telah melakukan dua diskusi bersama membahas tentang kesetaraan gender secara online yaitu pada Sabtu (10/06/2023) yang dipandu oleh Roudhotul Jannah serta pada Sabtu (8/06/2023) yang dipandu oleh Ernesto Aldo.

(Foto: Penjelasan Materi Kesetaraan Gender)

Diskusi yang diselenggarakan melalui aplikasi Zoom meeting ini bertujuan supaya menambah pengetahuan dan mempertajam cara berpikir yang adil gender. Isu TPPO erat kaitannya dengan topik gender. Sehingga untuk masuk ke dalamnya perlu mempelajari topik-topik yang berkaitan dengan keadilan dan kesetaraan gender.

Para peserta diskusi sangat antusias sebab ini merupakan realita yang sering dijumpai dalam kehidupan dan secara tidak sadar telah dinormalisasi oleh masyarakat. Seperti laki-laki dinilai makhluk yang sangat kuat sehingga dianggap lucu dan tabu ketika ia curhat bahkan menangis.

Ketidakadilan gender merupakan masalah bersama, tidak hanya untuk perempuan saja. Laki-laki menanggung banyak ekspetasi dari sosial untuk dapat memenuhi apa isi kepala mereka. Jika laki-laki tidak mampu memenuhi itu maka tidak dianggap sebagai laki-laki sejati. Miris bukan?

Selajutnya, YTF Anti TPPO akan terus melakukan kolaborasi bersama dengan Youth Ambassador EHT Talithakum Indonesia baik secara online maupun offline. (Roudhotul Jannah)

More Posts

Sampai Mana Kasus TPPO Mariance Kabu?

Mariance Kabu (43) adalah seorang penyintas Human Trafficking yang sampai sekarang masih menunggu keadilan. Kasusnya dimulai pada 2015 saat Mariance dipulangkan ke Indonesia dalam keadaan

id_IDBahasa Indonesia